Wednesday, February 21, 2007

Struktur Pohon di Command Prompt

Pengguna komputer sudah biasa menggunakan Windows dengan struktur pohonnya yang berfungsi menampilkan folder suatu drive. Sudah jelas kalau Windows Explorer berada di lingkungan Windows.
Bandingkan tampilan Windows Explorer yang menyerupai cabang-cabang pohon dengan Command Prompt di mana pengguna harus mengetik baris perintah yang lumayan panjang dan lama apalagi jika letak suatu folder atau file berada di lokasi paling ujung.
Tapi, tahukah Anda bahwa sesungguhnya Command Prompt dapat menampilkan struktur pohon dari suatu folder atau file? Tampilannya memang sederhana tetapi setidaknya Anda mendapatkan gambaran tentang letak suatu folder atau file secara bercabang persis seperti Windows Explorer.
Untuk menggunakannya Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Buka Command Prompt dengan mengklik [Start] > [Run] ketik cmd lalu tekan [Enter].
2. Agar tampilan "pohonnya" muncul, Anda dapat memakai perintah TREE.
Format penulisannya sebagai berikut: TREE [drive:] [path] [/F] [/A].
/F berfungsi untuk menampilkan semua file dari setiap folder.
/A untuk tampilan dengan karakter ASCII yang lebih pendek.
Contoh : tree c:\windows /F akan menampilkan struktur pohon dari folder Windows di drive C: lengkap dengan semua isi folder dan file.
Contoh lain : tree c:\windows /A akan menampilkan struktur pohon dari folder Windows di drive C: dengan menggunakan karakter ASCII di mana isi dari suatu folder tidak semuanya ditampilkan (+).

Sumber : Berdasarkan tulisan saya yang dimuat di Tabloid PCplus edisi Tahun VI/07 - 20 November 2006/PCplus 270 - Halaman 47, Rubrik Trik.

No comments:

 
Creative Commons License