Wednesday, February 21, 2007

Menyimpan Extension dan Theme Firefox

Mozilla Firefox didukung banyak extension dan theme. Anda bisa dengan mudah menemukan extension dan theme di situs resmi firefox di https://addons.mozilla.org/.
Tetapi sayang untuk menginstall extension dan theme, Firefox langsung mengunduh dan menginstall tanpa memberi kita pilihan untuk menyimpannya. Alhasil, jika komputer atau Firefox mendapat masalah dan perlu diinstall ulang, kita harus melakukan proses tersebut kembali. Ini jelas memakan waktu dan biaya akses Internet.
Ada cara lain untuk menyimpan extension dan theme tersebut, yaitu Anda harus memakai browser selain Firefox (Seperti Internet Explorer atau Opera), untuk mengunduhnya.
Berikut ini caranya:
1. Di situs tempat pengunduhan extension dan themes, pilih yang Anda suka, klik link tersebut lalu unduh dan simpan di tempat yang telah Anda tentukan.
2. Untuk menginstallnya ada sedikit perbedaan antara extension dan theme. Untuk extension Anda bisa langsung menginstallnya dengan membuka Firefox, klik [File] > [Open File] arahkan dan pilih extension yang telah Anda unduh dan simpan sebelumnya (mempunyai ekstensi .xpi). Klik [Open], lalu terbukah jendela Sofware Installation. Tunggu hitungan mundur dan klik [Install Now]. Anda harus menutup Firefox dan membukanya kembali agar extension tersebut dapat dipergunakan.
3. Sedangkan untuk theme ada sedikit perbedaan. Jika Anda telah mengunduh theme Firefox tersebut (mempunyai ekstensi .jar), lalu menyimpannya di lokasi yang telah Anda tentukan, Anda harus mengubah ekstensi theme tersebut yang sebelumnya .jar menjadi .xpi dengan cara: Klik [Start] > [Control Panel] lalu pilih [Folder Options], buka tab [View]. Hapus tanda centang pada pilihan [Hide Extensions For Known File Types], klik [Apply] lalu [OK]. Sorot file theme tersebut, klik kanan, klik [Rename] dan ubah ekstensinya dari .jar menjadi .xpi. Selanjutnya cara instalasi theme sama dengan extension.

Sumber : Berdasarkan tulisan saya yang dimuat di Tabloid PCplus edisi Tahun VI/05 - 18 Desember 2006/PCplus 272 - Halaman 19, Rubrik Trik.

No comments:

 
Creative Commons License