Thursday, June 07, 2007

Trial-Reset - Aplikasi Untuk Memperpanjang Masa Trial Software

Selama ini software komersial selalu memproteksi aplikasinya dengan berbagai macam sistem perlindungan agar terhindar dari usaha-usaha yang dianggap "menyimpang" oleh para pengguna software tersebut. Karena berkaitan dengan masalah lisensi, keuntungan, kerja keras para developer, biaya riset serta pengembangan, dan masa depan software dan pembuatnya. Maka para pembuat software komersial ini berusaha semaksimal mungkin membuat perlindungan yang secanggih mungkin terhadap softwarenya agar sulit dibobol.

Berbagai macam proteksi terhadap software komersial tersebut biasanya terdiri dari dua macam yaitu:

1. Pembatasan fitur atau kelengkapan.
2. Pembatasan waktu pemakaian.

Kedua jenis pembatasan ini pada software komersial biasanya berbeda-beda tergantung kebijakan dari pembuatnya. Kita mengenal pembatasan pada software komersial ini dengan istilah "shareware" dan "trial". Oleh karena itu biasanya para pengguna dikenakan biaya tertentu untuk memperoleh lisensi atau mengaktifkan software tersebut tanpa adanya pembatasan.

Oleh karena itulah banyak bermunculan para "orang-orang kreatif" yang berusaha untuk membobol sistem proteksi software komersial tersebut dengan berbagai cara; biasanya membuat aplikasi berukuran kecil atau metode untuk mengakali software tersebut agar bekerja secara penuh tanpa adanya pembatasan.

Anda yang biasanya membeli/mendownload software bajakan atau ilegal, biasanya disertakan tiap softwarenya dengan sebuah aplikasi untuk mengaktifkan software komersial tersebut secara penuh. Jika tidak tersedia Anda bisa mencarinya di internet; bahkan beberapa situs mengkhususkan dirinya menyediakan apliksi-aplikasi ilegal ini. Yang harus diperhatikan adalah dampak yang Anda dapatkan dari memakai aplikasi ilegal ini, karena tidak sedikit aplikasi-aplikasi ilegal ini dibungkus dengan berbagai macam spyware, adware bahkan virus dan trojan.

Ada satu aplikasi kecil yang cukup unik yakni dapat memperpanjang masa percobaan/trial sebuah software. Aplikasi ini dapat dipergunakan oleh berbagai macam software komersial, asal sistem proteksinya sudah didukung. Aplikasi tersebut dinamakan Trial-Reset. Berbagai macam sistem proteksi yang sudah didukungnya (Versi 2.5) antara lain :

ACProtect 1.x/1.41
Armadillo 1.x/2.x/3.x/4.x/4.00
ASProtect 0.x/1.x/2.x/2.b
DBPE 1.x/2.x/2.33
ExeShield 2.x/3.x/3.6.1.2
Obsidium 1.x/1.2.0.0
PCGuard 4.x/5.x/5.00
SDProtector 1.x/1.13
SoftLocx 5.x/6.x/7.x/7.00
SoftSentry 3.x/3.00
SoftWrap 6.x/6.1
SVKP 1.x/1.43
VBox 4.x/4.6.2
VisualProtect 2.x/3.x/3.54
XProtector 1.x/1.08

Setelah dicoba oleh penulis memang ada beberapa software komersial yang dapat di-reset waktu pemakaiannya agar kembali ke waktu awal. Sebagian lagi ada yang tidak berhasil, mungkin karena sistem proteksi yang belum didukungnya. Cara memakainya-pun cukup mudah karena tanpa proses installasi. Satu hal yang cukup aneh adalah beberapa software AntiVirus mengenalinya sebagai sebuah trojan dan langsung menghapusnya jika software AntiVirus tersebut bekerja secara Real Time.

Memang jika diamati secara seksama aplikasi ini membuat beberapa perubahan pada sistem komputer. Antara lain membuat akses share dan permintaan terhadap firewall agar aplikasi ini dapat berkomunikasi secara langsung dengan internet. Oleh karena itu saya sarankan berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ini. Karena alasan menghormati hak cipta dan keamanan saya tidak memberikan link download Trial-Reset ini.

Saya membuat tulisan ini dengan tujuan edukasi bukan untuk menyarankan pengguna untuk melanggar hak cipta sebuah software. Hargailah kerja keras para pembuatnya. Gunakan software open source atau freeware jika Anda keberatan dengan uang yang Anda keluarkan untuk penggunaan software komersial.

2 comments:

Anonymous said...

tapi ini jalan loh untuk melanggar hak cipta, yang memberi jalan bukannya melanggar juga, salam kenal. lagi cari cara untuk membuat trial.. dimana ya bisa diketemukan caranya, buat belajar aja, sapa tau suatu saat bisa buat aplikasi berlisensi.. :D

Anonymous said...

klo kita bisa mengakali fungsi reset trial.. knp kita ga berusaha untuk meminimalisirnya..
pastilah semua Program aplikasi bisa di Crack.. hanya saja mereka yang dianggap tidak bisa di Crack.. mereka membuat Algoritma yang agk ribet sehingga Cracker mengalami hambatan akan waktu... tapi semua program bisa di Crack qo..
didunia ini selalu berpasang*an dimana ada hitam-putih, cw-co, legal-illegal, registered-unregistered betul ga...

 
Creative Commons License